IKM Gelar Pesta Rakyat Di Alun-Alun Barat

IKM Gelar Pesta Rakyat Di Alun-Alun Barat
IKM Gelar Pesta Rakyat Di Alun-Alun Barat

FOKUSBANTEN.ID – Wali Kota Serang, Dr. H. Syafrudin, hadir dan membuka acara Pesta Rakyat Basamo Ikatan Keluarga Minangkabau (IKM) tahun 2023 dan pengukuhan kepengurusan DPW IKM Provinsi Banten yang berlangsung di Alun-alun Barat Kota Serang pada Jumat (17/3).

Acara tersebut dihadiri oleh ASDA II Kota Serang, Yudi Suryadi, Ketua DPW IKM Provinsi Banten, Nofriady Eka Putra, Ketua DPD IKM Se-Provinsi Banten, serta tamu undangan lainnya.

Kegiatan Pasar Rakyat berlangsung selama 3 hari dengan rangkaian acara pelantikan pengurus DPW IKM Provinsi Banten, Pagelaran Seni Minangkabau dan Banten, Kuliner Khas Minang, serta akan ditutup dengan acara Fun Bike pada hari Minggu.

Sebagai Ketua DPW IKM Provinsi Banten, Nofriady Eka Putra menyampaikan maksud dan tujuan kegiatan tersebut untuk membangkitkan kembali ekonomi masyarakat Minangkabau yang ada di Provinsi Banten sehingga dapat meningkatkan UMKM yang ada di daerah tersebut.

“Saat ini terdapat sekitar 50 kuliner Minangkabau, juga ada yang menjual baju, sepatu, dan barang lainnya. Yang terpenting bagi masyarakat yang ingin berpartisipasi dalam acara kami, kami persilahkan,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Nofriady menyatakan bahwa masyarakat IKM yang tersebar di Provinsi Banten hampir mencapai 20 persen dari total penduduk di daerah tersebut.

“Jumlah IKM yang tersebar di Banten sendiri ada sekitar 8 DPD Kabupaten/Kota. Untuk perhitungan secara rinci belum pasti, tapi populasi kami di Provinsi Banten ini kurang lebih mencapai 20 persen dari total penduduk di sana,” tambahnya.

“Maksud dari Pesta Rakyat Basamo Masyarakat Minangkabau adalah untuk masyarakat Minangabau yang ada di Provinsi Banten. Sebenarnya, kami orang Banten asal Sumatera Barat, asal Minang, sehingga dinamakan Pesta Rakyat,” lanjut Nofriady.

Setelah menghadiri dan membuka acara Pesta Rakyat Basamo Masyarakat Minangkabau, Wali Kota Serang Syafrudin menyampaikan apresiasinya kepada IKM yang telah menyelenggarakan kegiatan tersebut, yang tentunya memiliki tujuan untuk mensejahterakan masyarakat Kota Serang.

“Saya sekali lagi mengapresiasi kegiatan ini, yang tentunya bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat Kota Serang.

Kebetulan, inflasi di Kota Serang sangat tinggi, dan mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini bisa menurunkan inflasi. Selain itu, dari sisi PAD, saya bersyukur bahwa kegiatan ini juga dapat membantu menambah PAD,” ucapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *